[21-Sep-2018 04:50:59 America/Chicago] PHP Fatal error: Call to undefined function plugins_url() in /home/mandalikadutadam/public_html/wp-content/plugins/accelerated-mobile-pages/pagebuilder/modules/image.php on line 11 [21-Sep-2018 04:50:59 America/Chicago] PHP Fatal error: Call to undefined function plugins_url() in /home/mandalikadutadam/public_html/wp-content/plugins/accelerated-mobile-pages/pagebuilder/modules/blurb.php on line 27 [21-Sep-2018 04:50:59 America/Chicago] PHP Fatal error: Call to undefined function get_categories() in /home/mandalikadutadam/public_html/wp-content/plugins/accelerated-mobile-pages/pagebuilder/modules/contents.php on line 13 4 Quotes Cerdas Tangkal Radikalisme Dunia Maya - Mandalika Duta Damai
Friday, October 19Mataram - Nusa Tenggara Barat

4 Quotes Cerdas Tangkal Radikalisme Dunia Maya

Bagikan ke tempan sosial anda


 

1. Agama Ajarkan Ahimsa, Tolak Terorisme Di Dunia Maya dan Dunia Nyata
Setiap agama telah mengajarkan ahimsa bagi pemeluknya dimana ahimsa sendiri berarti anti kekerasan. Demi menangkal radikalisme yang semakin marak tersebar baik di dunia maya maupun dunia nyata, diharapkan masyarakat dapat memahami terorisme itu sendiri sehingga tidak terjerumus pada kelompok terorisme didunia maya maupun dunia nyata.

 

2. Anda Indonesia, Cintai Pancasila
Indonesia memiliki ideologi yaitu pancasila. Pancasila menjadi tolak ukur yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara karena digunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan negara. Sehingga jika anda adalah orang Indonesia, belajarlah untuk mencintai pancasila dengan mengamalkan kelima sila tersebut pada kehidupan sehari-hari. Kekuatan pemahaman pancasila yang dimiliki seseorang dapat membuat diri kita lebih memiliki kekuatan untuk melawan radikalisme yang akan muncul kapan saja dan dimana saja kita berada. Jika kita lemah dan tidak memiliki pendirian, maka akan mudah terjerumus dalam pengaruh radikalisme.

3. Indonesia Punya Variasi, Yuk Biasakan Toleransi
Perbedaan agama, suku, budaya, adat dan bahasa tidak menjadikan Indonesia terpecah-belah begitu saja. Salah satu cara untuk mengatai berbagai perbedaan yang ada dengan membiasakan diri untuk berprilaku toleransi. Dengan adanya tolerasi yang dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia, maka akan tercipta sikap saling menghormati satu sama lain, dapat menghargai perbedaan, dan dapat menjembatani kesenjangan diantara kita sehingga tercipta kesamaan sikap. Toleransi adalah awal dari sikap menerima bahwa perbedaan bukanlah suatu hal yang salah, justru perbedaan tersebut menjadi kekuatan tersendiri bagi kita untuk membantu memerangi radikalisme dan terorisme yang tidak terlihat tetapi ada disekitar kita.

4. Deep Thinking Before Share
Perkembangan sosial media saat ini sangatlah pesat. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa cukup bnyak yang telah mengenal sosial media. Sosial media sangat penting bagi kehidupan sehari-hari seperti mempermudah mendapatkan berbagai informasi terkini baik berita di Nasional sampai berita Internasional. Hal ini memang sangat baik bagi perkembangan masyarakat tetapi, tidak semua berita yang didapatkan pada sosial media merupakan berita yang sesuai dengan keasliaanya. Banyak juga berita-berita yang masih simpang-siur apakah berita tersebut memang benar adanya atau hanya sebuah berita buatan orang-orang yang tidak bertanggungjawab atas apa yang ditulisnya. Dengan adanya sosial media ini, banyak terorisme yang memanfaatkannya untuk membuka jaringan-jaringan baru mereka diberbagai wilayah. Untuk itu masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati jika membaca berita dan menyebarkannya pada orang lain. Masyarakat harus lebih jeli lagi dalam menafsirkan berita yang beredar tetapi tidak tau keasliannya. Jika kita lebih berhati-hati dalam menyaring informasi maka kita tidak akan mudah terjerumus pada radikalisme dan terorisme.

Bagikan ke tempan sosial anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *